Selasa, 07 Juli 2009

PROPOSAL

PROPOSAL
TOTAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL DARUL ARQOM
MUHAMMADIYAH PASURUAN CITY EAST JAVA

I. PENDAHULUAN

Muhammadiyah kota Pasuruan telah memiliki lembaga pendidikan mulai dari Play Group, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, dalam rencana kerja jangka panjang Muhammadiyah akan membangun Lembaga Pendidikan dengan sistem Boarding yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama Pesantren. Pembangunan Pesantren itu direncanakan di lokasi SMP Muhammadiyah I Kota Pasuruan dengan. Ini dimaksudkan untuk menyiapkan out put yang memiliki keunggulan ilmu pengetahuan dan memimiliki ketangguhan aqidah ibadah serta akhlak.
Selanjutnya Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah kota Pasuruan sebagai penyelenggara lembaga pendidikan telah memprogramkan bahwa SMP Muhammadiyah I Kota Pasuruan merupakan rintisan yang akan dijadikan pesantren dengan nama:“ Total Islamic Boarding School Darul Arqom Muhammadiyah (Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Terpadu) ” yang mempunyai motto:
"Membina Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Iman,Ibadah dan Akhlakul Karimah"
Beberapa alasan Mengapa SMP Muhammadiyah harus bersifat ‘Ma’had’ atau ‘Boarding’ karena:
- Pembelajaran dua kurikulum tidak bisa efektif tanpa boarding
- Mengandalkan pembelajaran hanya terpaku pada sistem klasikal kurang melatih jiwa yang terlatih ditempa kemandirian dan sosialisasi
- Menyeimbangkan jiwa kebebasan masa pencarian identitas santri diusia SMP dengan pengenalan serta pemahaman terhadap nilai Islam baik aqidah, akhlaq maupun ibadah. Hal mana sulit diadopsi secara riil bila tidak memakai sistem boarding
II. VISI DAN MISI
A. VISI
• Membentuk berbagai potensi komprehensif sumber daya manusia agar mampu merefleksikan nilai–nilai ‘ubudiyyah melalui aktualisasi iman, ilmu dan amal
• Menjadikan Lembaga pendidikan Islam yang mampu mengembangkan potensi peserta didik dengan serangkaian aktivitas transformasi nilai–nilai Islam, pengetahuan, pembelajaran dan penela’ahan
• Proses pendidikan Islam menempatkan keunggulan dan keseimbangan ilmu dan amal dalam bingkai penghambaan diri kepada Allah (Tauhidullah)
B. MISI
• Menjadikan Total Islamic Boarding School Muhammadiyah sebagai gerbang iman dan intelektual yang berwawasan pengembangan potensi peserta didik guna terciptanya khoiru ummah
• Menjadikan Total Islamic Boarding School Muhammadiyah sebagai pemelihara, penerus, dan penerjemah sistem nilai Islami bagi peserta didik khususnya dan ummat pada umumnya
• Menjadikan Total Islamic Boarding School Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan yang memelihara nilai Islam diatas Al Qur’an dan As Sunnah.
• Menjadikan Total Islamic Boarding School Muhammadiyah sebagai, lembaga pendidikan Islam yang secara profesional berkhidmat kepada ummat melalui pengembangan model dan manajemen pendidikan yang berkesinambungan dengan berfokus pada pembinaan aqidah, akhlaq dan ibadah sesuai sunnah Rosululloh.

C. TUJUAN
Adapun tujuan dari Total Islamic Boarding School Muhammadiyah adalah:
• Beraqidah benar dan berakhlaqulkarimah diatas nilai Al Qur’an dan As Sunnah as-Shohihah.
• Memiliki semangat keilmuan dan keislaman yang tinggi, ikhlas, qona’ah (sederhana) dan berkreatifitas tinggi.
• Memiliki derajat potensial dan prestasi akademik yang baik sehingga diterima diberbagai SLTA yang berkaualitas baik didalam maupun luar negeri.
• Memiliki dasar kecakapan dalam kepemimpinan dan manajemen dalam menghadapi dan menjawab tantangan masa depan.
• Terpeliharanya nilai–nilai ke Islaman di lingkungan Total Islamic Boarding School Muhammadiyah dan terjalinnya ukhuwwah di lingkungan warga kampus Total Islamic Boarding School Darul Arqom Muhammadiyah
III. PROGRAM PONDOK PESANTREN
Program ini di rancang untuk menunjang peningkatan potensi akademik, pembinaan sikap, watak dan kepribadian, serta penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Islam. Program ini meliputi :
• Belajar di asrama secara mandiri dan terbimbing
• Pembinaan sikap, kepribadian, penghayatan dan pengalaman nilai Islam.
• Leadership melalui kegiatan organisasi kesiswaan, dan Pandu Hisbul Wathon (HW) dengan muatan syar’i ;
• Qiroatul Kutub ; Tahfidz al-Qur’an dan al-Hadits
• Al-Lughoh al-Yaumiyyah (Bahasa Arab dan Inggris)
• Olah raga dan Bela diri
• Jurnalistik dan Wirausaha
• Kemasyarakatan.

IV. Maksud dan Tujuan
Maksud disusunnya proposal ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi kepada kaum muslimin dan para donatur tentang recana pembangunan asrama total Islamic boarding school Darul Arqom Muhammadabad Kota Pasuruan
Adapun tujuannya adalah :
a. Memberikan gambaran besarnya kebutuhan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan asrama total Islamic boarding school Darul Arqom Muhammadabad Kota Pasuruan.
b. Memohon bantuan dana pembangunan asrama total Islamic boarding school Darul Arqom Muhammadabad Kota Pasuruan kepada para muhsinin/donatur yang secara sukarela bersedia menafkahkan sebagian hartanya di jalan Alloh.
V. Recana Pembangunan asrama total Islamic boarding school Darul Arqom Muhammadiyah Kota Pasuruan.

Muhammadiyah Kota Pasuruan memilik aset sejumlah Rp. 2.000.000.000,00 dengan rincian berupa tanah yang terletak di kelurahan Sebani kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan seluas 9.200 m2 dan berupa bangunan SMP Muhammadiyah I kota Pasuruan 9 ruang kelas, 1 kantor guru, 1 perpustakaan, 1 lab. IPA Dan 1 lab. multi media serta 1 Masjid.
Untuk mengembangkan SMP Muhammadiyah I kota Pasuruan menjadi sekolah plus maka Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah kota Pasuruan memprogramkan SMP Muhammadiyah I Kota Pasuruan dijadikan rintisan pondok pesantren dengan nama:“ Total Islamic Boarding School Darul Arqom Muhammadiyah (Pondok Pesantren Terpadu Darul Arqom Muhammadiyah) Dan akan dibangun asrama berlantai tiga sejumlah 15 asrama dengan ukuran :
45 m X 9 m = 405 m2 X 3 lantai = 1215 m2 X Rp. 3.000.000,00 = Rp 3.645.000.000,00 (Tiga Milyar enam ratus empat puluh lima juta rupiah)
Mengingat besarnya dana yang dibutuhkan maka kami mengharapkan bantuan dari Bapak untuk pembangunan asrama tersebut.
VI. Profil Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Muhammadiyah Kota Pasuruan


Nama
Yayasan : Pendidikan Dasar Dan Menengah Muhammadiyah Kota Pasuruan
VII. Sumber Dana

Untuk mewujudkan dan mensukseskan program dan kegiatan tersebut di atas, Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Muhammadiyah Kota Pasuruan sangat mengharapkan bantuan dari kaum muslimin/muhsinin/donatur.

VIII. Struktur Kepengurusan Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Muhammadiyah Kota Pasuruan

Susunan Kepengurusan Yayasan Pendidikan Dasar Dan Menengah Muhammadiyah Kota Pasuruan
tahun 2005-2010
No. Nama Jabatan Dalam Organisasi
1. Drs. H. Imam Hidayat Ketua
2. Moehsam, BA Sekretaris
3. Drs. H. Mulyadi.M.Nuh,M.Pd Bendahara
4. Drs. M.Thohir Alwi Devisi Kurikulum
5. H.Faruq Hentihu,BA Devisi Ketenagaan
6. H. Ahadun Devisi Sarana Prasarana
7. H.Fauzan Tasya,BA Devisi Ismuba
8. H.Edi Hendarto,S.Pd Pengawas SD/MI Muhammadiyah
9. Drs. Bambang Suherno,M.Pd Pengawas SMP/MTs Muhammadiyah
10. Helmi Rifa’i, S.Pd Pengawas SMA/SMK/MA Muhammadiyah




IX. Penutup
Demikian proposal ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar program dan kegiatan yang kami rencanakan dapat terwujud dan kegiatan yang telah kami laksanakan dapat berjalan terus serta bermanfaat bagi kaum muslimin. Atas segala bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan jazakumullohu khoiron katsiron, semoga Allah SWT membalasnya dengan balasan yang lebih baik dan memberatkan timbangan kebaikan pada hari kiamat.
Mudah-mudahan segala amal usaha yang kita lakukan mendapat ridho dan petunjuk dari Alloh ta’ala, serta sholawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabat-sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jalannya dengan baik dan benar hingga hari kiamat.
Pasuruan 18 Pebruari 2009
Majlis Pendidikan Dasar
Dan Menengah Muhammadiyah
Kota Pasuaruan

Ketua Sekretaris



DRS. H. IMAM HIAJAT MOEHSAM, BA


Mengetahui,
Pimpinan Daerah Muhammadiyah
Kota Pasuruan
Ketua



H. ABDURRAHMAN UBED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar